Daftar 10 Perpustakaan Terbesar di Dunia

Ada banyak alasan mengapa seseorang pergi ke perpustakaan, apalagi jika perpustakaan itu adalah perpustakaan terbesar dan terbaik dunia dengan ratusan juta informasi di dalamnya. Baik untuk sekolah, pekerjaan, riset pribadi, atau apapun alasannya, Anda pasti akan tertarik mengunjungi 10 perpustakaan paling besar di dunia ini.

Yang dimaksud koleksi item setiap perpustakan di sini adalah koleksi yang tidak hanya termasuk buku, namun berbagia sumber pengetahuan yang mencakup literatur, manuskrip, koran, peta, lukisan, hak cipta, dan seterusnya.

Daftar 10 Perpustakaan Terbesar di Dunia :

10. Library of The Russian Academy of Sciences - Saint Petersburg, Rusia (26,5 Juta Item)

Dibangun di tahun 1714, Library of The Russian Academy of Science adalah perpustakaan kepemillikan negara yang terletak di St. Petersburg. 26,5 Juta aset perpustakaan yang ada di perpustakaan ini sangatlah berkaitan dengan publikasi riset. Jadi jika Anda ingin mencari informasi mengenai bahasa, energi nuklir, atau bahkan genetika maka tempat ini dapat menjadi alternatif terbaik Anda.

Akan tetapi, untuk mendapatkan semua informasi tersebut Anda haruslah menjadi member terpilih dari institut ini. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan Anda terseleksi dari banyaknya orang yang mendaftar untuk berbagai tingkat keangotaan.

9. Royal Danish Library - Copenhagen, Denmark (30,2 Juta Item)

Royal Danish Library atau The Royal Library adalah perpustakaan nasional Denmark yang juga merupakaan perpustakaan universitas dari Universitas Copenhagen. Mempunyai 3 cabang dimana berisikan 30,2 juta item perpustakaan dan jugsa 393 ribu GB materi digital. Sejak abad ke-17, Royal Danish Library merupakan tempat berkumpulnya berbagai harta nasional yang muncul dalam bentuk materi tertulis.

8. Bibliotheque Nationale de France - Paris, Perancis (31 Juta Item)

Bibliotheque Natonale de France didirikan di tahun 1461 sebagai perpustakaan kerajaan, namun di tahun 1792 diresmikan menjadi perpustakaan nasional Perancis. Perpustakaan ini berisikan seluruh publikasi di Paris termasuk koleksi buku dan jurnal dengan 31 Juta aset perpustakaan lainnya.

Diperkirakan setiap tahunnya ada sekitar 150.000 aset perpustakaan yang ditambahkan ke Bibliotheque Nationale de France ini dengan sekitar 1,3 juta pengunjung tahunan yang menunjungi perpustakaan ini.

7. National Library of China - Beijing, Cina (31,2 Juta Item)

Terletak di Beijing adalah salah satu perpustakaan terbesar yang ada di Asia, yakni National Library of China. Tidak hanya berisikan koleksi literatur Cina yang beragam dari teks hingga tulisan kuno, perpustakaan ini juga merupakan perpustakaan dengan kolteksi terbesar akan item berbahasa asing, yakni lebih dari 115 bahasa.

Dengan koleksi item perpustakaan yang mencapai 31,2 Juta item maka tentunya Perpustakaan Nasional Cina atau National Library of China akan membawakan kebahagiaan bagi para penggemar buku umumnya. Ditambah lagi literatur-literatur kuno tersebut tidak hanya dituliskan secara biasa namun juga ada yang ditulis atau diukir secara langsung ke tengkorak atau cangkang kura-kura.

6. National Diet Library - Tokyo, Jepang (35,6 Juta Item)

Terletak di Jepang dan juga merupakan satu-satunya perpustakaan nasional Jepang. Dibangun pada tahun 1948, perpustakaan ini mempunyai 2 cabang utama yakni di Tokyo dan juga Kyoto serta 27 cabang lain di Jepang. Perpustakaan ini berisikan banyak sekali dokumen resmi terkait Perang Dunia dan juga literatur kuno Jepang, asli dari perpustakaan Kerajaannya.

Pada awalnya dibangun dengan tujuan untuk melakukan riset terkait kebijkanan umum, namun kini total koleksi item perpustakaan telahmencapai 35,6 juta item dengan 1 juta pengunjung setiap tahunnya. Ini tidaklah mengherankan mengingat topik yang ada di perpustakaan ini sangatlah banyak dimulai dari agama, politik, hukum, peta, musik, pengetahuan dan masih banyak lainnya.

5. National Library of Russia - Saint Petersburg, Rusia (36,5 Juta Item)

DIbangun pada tahun 1795, Perpustakaan Nasional Rusia atau National Library of Russia adalah perpustakaan tertua di Rusia. Merupakan perpustakaan yang terbuka untuk umum dan para pengunjungnya dapat membaca berbagai item berkualitas secara gratis dimana berisikan sejarah, warisan nasional, riset, kebudayaan, dan masih banyak informasi lain khususnya tentang Rusia.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai Rusia, maka ini perpustakaan ini adalah pilihan paling tepat bagi Anda mengingat perpustakaan ini mengoleksi 36,5 juta item sebagai sarana pengetahuannya.

4. Russian State Library - Moscow, Rusia (44,4 Juta Item)

Walaupun memiliki nama yang berarti sama dengan National Library of Russia, Russian State Library dan National Library of Russia adalah dua perpustakaan yang berbeda satu sama lainnya. Perpustakaan utama Russian State Library terletak di Moscow sedangkan National Library of Russia, terletak di Saint Petersburg.

Merupakan perpustakaan terbesar yang ada di Rusia yang juga dikenal sebagai salah satu perpustakaan nasional Rusia dengan total koleksi item mencapai 44,4 Juta Item. Setiap tahunnya, jumlah pengunjung yang mengunjungi perpustakaan ini adalah 1,17 juta pengunjung dengan tingkat pendaftaran mencapai 200 orang setiap harinya.

3. New York Public Library - New York, US (53,1 Juta Item)

Perpustakaan umum New York adalah perpustakaan yang terkenal akan struktur, lingkungan dan juga ukurannya yang besar. Perpustakaan ini merupakan rumah dari sekitar 53,1 Juta koleksi item perpustakaan yang terbagi menjadi 87 cabang. Di perpustakaan ini, para pengunjung dapat meminjam buku yang diinginkan namun ada beberapa cabang riset yang dimana peminjaman tidak diperbolehkan. Perpustakaan umum New York juga pernah masuk dalam film-film Hollywood seperti The Day After Tomorrow dan Ghostbusters.

Uniknya adalah perpustakaan ini dikelola secara pribadi sebagai organisasi nonprofit dengan dana dari publik dan juga dana pribadi yang ternyata tidak kalah dibandingkan perpustakaan-perpustakaan nasional negara lain.

2. Library of Congress - Washington, D.C., US (151,8 Juta Item)

Library of Congress sering disebut-sebut sebagai perpustakaan terbesar di dunia. Hal ini benar jika itu dilihat dari banyaknya ruang rak yang tersedia dan hal itu juga diakui oleh Guinness, Buku Rekor Dunia. Namun sayangnya Library of Congress masih kalah dari British Library jika dilihat dari banyaknya buku yang tersedia.

Jika Anda sudah pernah menonton film National Treasure: Book of Secrets, maka itu berarti Anda sudah melihat secara sekilas perpustakaan menakjubkan ini. Dengan struktur yang luar biasa menakjubkan serta koleksi buku yang diperkirakan mencapai 151,8 juta item maka tidaklah mengherankan jika perpustakaan ini adalah perpustakaan nasional Amerika Serikat. Library of Congress memang terbuka untuk umum, namun hanya para pejabat tinggi Amerika yang dapat meminjam buku di dalam perpustakaan tersebut.

1. British Library - London, UK (170 Juta Item)

Inilah perpustakaan terbesar di dunia berdasarkan jumlah koleksi item terbanyak di dunia, yakni perpustakaan Britania atau lebih dikenal dunia sebagai British Library. Merupakan perpustakaan nasional United Kingdom (UK) yang berisikan lebih dari 170 juta item perpustakaan, bahkan setiap tahunnya koleksi tersebut diperkirakan akan bertambah sebanyak 3 juta item.

Sebuah fakta unik mengatakan bahwa jika Anda melihat 5 item setiap harinya, maka dibutuhkan 80.000 (delapan puluh ribu) tahun untuk melihat keseluruhan koleksi perpustakaan terbesar dunia ini.

Toronto Public Library diperdebatkan masuk sebagai salah satu perpustakaan terbesar dunia. Namun karena yang diketahui hanyalah jumlah sirkulasi itemnya setiap tahun sebesar 32 juta item dan tidak diketahui tepatnya seberapa banyak koleksi item perpustakaan ini maka Toronto Public Library tidak masuk sebagai salah satu perpustakaan tersbesar dunia. Perpustakaan umum Toronto sendiri memiliki struktur interior bangunan yang tidak kalah menakjubkannya.

Blog, Updated at: 15.38

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Pilihan