Daftar 8 Nama dan Urutan Planet Planet di Tata Surya

Nama Nama Planet - Menurut wikipedia Planet adalah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri, tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir, dan telah "membersihkan" daerah sekitar orbitnya yang dipenuhi planetesimal. setiap planet memiliki orbitnya sendiri dalam mengelilingi matahari. planet-planet tersebut juga memiliki nama nama tersendiri serta susunan dan urutan yang berbeda beda jika diukur jaraknya dari matahari.

Secara umum, planet terbagi menjadi dua jenis utama yaitu raksasa gas besar berkepadatan rendah dan raksasa darat kecil berbatu. Sesuai definisi IAU (International Astronomical Union), ada delapan planet di sistem Tata Surya yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Enam planet di antaranya dikelilingi oleh satu satelit alam atau lebih. dimanakah planet pluto yang biasa kita kenal. yah pada tahun 2006 IAU menetapkan Pluto menjadi kategori dwarf Planet (Planet Kerdil) bersama dengan 4 Planet Kerdil lainnya yaitu Eris, Ceres, Haumea dan Makemake. sehingga sejak saat itu pluto tidak masuk dalam planet yang ada dalam tata surya kita sehingga jumlah planet yang ada menjadi hanya delapan planet saja.

Dan untuk tahu lebih jelas mengenai nama nama planet dalam sistem tata surya kita. gratis info news akan menyajikan informasi detail mengenai daftar 8 planet di tata surya dan urutan urutan planet dalam tata surya jika diukur dari matahari. berikut daftar lengkapnya disertai dengan foto/gambar dan penjelasan singkat planet tersebut . . .

Nama dan Urutan Planet di Tata Surya

1. Planet Merkurius


planet merkurius

Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari dalam sistem tata surya kita, ukuran Merkurius hanya sedikit lebih besar dari bulan. karena dekat dengan matahari, suhu planet Merkurius bisa mencapai 840 derajat Fahrenheit (450 Celcius), tapi pada saat malam, suhu turun ke ratusan derajat di bawah titik beku. Merkurius hampir tidak memiliki atmosfer untuk menyerap dampak meteor, sehingga permukaannya bergelombang dan penuh dengan kawah seperti bulan.

2. Planet Venus


planet venus

Planet terdekat kedua dari matahari adalah planet Venus. Venusmemiliki suhu sangat panas dan bahkan lebih panas dari Merkurius. Atmosfernya pun sanat beracun. Tekanan di permukaan Venus akan menghancurkan dan membunuh Anda. Para ilmuwan menggambarkan situasi Venus 'sebagai efek rumah kaca. Anehnya, Venus berputar perlahan-lahan ke arah yang berlawanan dari sebagian besar planet.

3. Planet Bumi


planet bumi

Selanjutnya ada Planet ketiga dari matahari yang juga merupakan tempat kita tinggal saat ini, bumi dijuluki juga dengan waterworld karena dua pertiga dari planet tertutup oleh laut. Bumi adalah satu-satunya planet di dunia yang dikenal memiliki kehidupan. atmosfer bumi kaya akan nitrogen dan oksigen yang mampu mempertahankan kehidupan bagi manusia. permukaan bumi berputar pada sumbunya dengan 1.532 kaki per detik (467 meter per detik) di khatulistiwa. Planet Bumi mengelilingi matahari lebih dari 18 mil per detik (29 km per detik).

4. Planet Mars


planet mars

Planet keempat dari matahari adalah planet Mars. Mars merupakan planet dengan suhu yang dingin serta berdebu. Debu dan oksida besi memberikan warna kemerahan pada planet Mars. Mars memiliki beberapa kesamaan dengan Bumi seperti daratan berbatu, memiliki pegunungan dan lembah, dan sistem badai yang mirip. atmosfer Mars 'terlalu tipis untuk air atau zat cair ada di permukaan dalam waktu yang lama.

5. Planet Yupiter


planet yupiter

Planet Yupiter adalah planet kelima dari matahari, Jupiter memiliki bentuk yang sangat besar dan merupakan planet yang terbesar di tata surya kita. sebagian besar planet Yupiter adalah gas, hidrogen dan helium. Yupiter diputari awan yang berwarna-warni karena berbagai jenis jejak gas. Jupiter juga memiliki medan magnet yang kuat.

6. Planet Saturnus


planet saturnus

Planet Saturnus adalah planet keenam dari matahari yang dikenal dengan permukaan cincinnya. Ketika Galileo Galilei pertama kali mempelajari Saturnus di awal 1600-an, dia pikir itu sebuah objek dengan tiga bagian. Lebih dari 40 tahun kemudian, Christiaan Huygens menyimpulkan bahwa itu adalah sebuah cincin yang terbuat dari es dan batu. meski begitu Para ilmuwan belum yakin bagaimana cincin itu terbentuk. Planet Saturnus ini sebagian besarnya adalah hidrogen dan helium.

7. Planet Uranus


planet uranus

Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari dan planet yang terbesar ketiga dan terberat keempat dalam Tata Surya. Meskipun Uranus terlihat dengan mata telanjang seperti lima planet klasik, ia tidak pernah dikenali sebagai planet oleh pengamat dahulu kala karena redupnya dan orbitnya yang lambat. Sir William Herschel mengumumkan penemuannya pada tanggal 13 Maret 1781, menambah batas yang diketahui dari Tata Surya untuk pertama kalinya dalam sejarah modern. Uranus juga merupakan planet pertama yang ditemukan dengan menggunakan teleskop.

8. Planet Neptunus


planet neptunus

Planet Neptunus adalah planet kedelapan dari matahari, Neptunus dikenal dengan anginnya yang sangat kencang dan bahkan kadang-kadang lebih cepat dan kencang dari kecepatan suara. Neptunus adalah planet yang cukup dingin suhunya. Massa Neptunus tercatat 17 kali lebih besar daripada Bumi, dan sedikit lebih besar daripada Uranus. Neptunus mengorbit Matahari pada jarak 30,1 SA atau sekitar 4.450 juta km. Periode rotasi planet ini adalah 16,1 jam, sedangkan periode revolusinya adalah 164,8 tahun. 

Sekian artikel tentang nama dan urutan planet planet dalam tata surya. semoga bisa menambah ilmu dan wawasan serta pengetahuan kita mengenai sistem tata surya.

Blog, Updated at: 10.00

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Pilihan