Daftar 5 Kapal Induk Terbesar di Dunia

Kapal Induk Terbesar - Kapal induk atau dalam bahasa inggri disebut carrier vessel adalah salah satu jenis kapal perang yang selain berfungsi sebagai alat dan transportasi tempur, juga berfungsi untuk membawa, memuat dan mengoperasikan pesawat tempur atau helikopter dalam jumlah besar.

Secara umum kapal induk memiliki kemampuan tempur yang lebih tinggi dibanding jenis kapal perang lainnya. hal ini karena kapal induk mampu melakukan berbagai macam operasi dan strategi tempur baik menyerang dan bertahan dengan baik, serta fleksibilitasnya yang luar biasa membuat kapal induk sangat multi fungsi. fungsi dan tugasnya adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut di wilayah perairah. selain itu juga digunakan sebagai pusat komando operasi dan sebagai kekuatan detterence atau memberikan efek gentar pada negara lawan. selain kegunaan tempur, kapal induk juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti pengintaian, superioritas udara, atau memberikan bantuan.

Karena fungsinya yang juga digunakan untuk mengangkut banyak pesawat, tak heran jika kapal induk memiliki ukuran dan dimensi yang lebih besar dan bahkan paling besar diantara semua jenis kapal perang yang ada. bahkan ukuran panjang sebuah kapal induk bisa mencapai 300 meter lebih.

Saat ini sendiri tercatat hanya beberapa negara saja yang memiliki dan mengoperasikan kapal induk/aircraft carrier sebagai bagian dari kekuatan militernya. dan salah satu yang memiliki armada kapal induk terkuat saat ini adalah amerika serikat. kapal induk mereka kebanyakan tercatat sebagai kapal induk dengan teknologi persenjataan tercanggih di muka bumi. dari segi ukuran pun kapal induk mereka merupakan yang terbesar dengan ukuran terpanjang, terlebar dan tertinggi dibanding semua pesaing dari negara lain. dan untuk daftar selengkapnya, berikut ini daftar 5 kapal induk terbesar di seluruh dunia saat ini lengkap beserta gambar/foto beserta penjelasan singkatnya . . .

Kapal Induk Terbesar

1. Kapal Induk USS Theodore Roosevelt


Kapal Induk Terbesar

USS Theodore Roosevelt (CVN-71) adalah kapal induk angkatan laut amerika serikat dari kelas nimitz keempat dan merupakan kapal induk yang terbesar di dunia saat ini. kapal ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1984 dan kini telibat dalam berbagai operasi diseluruh dunia.

2. Kapal Induk USS George Washington


Kapal Induk Terbesar

Selanjutnya ada kapal induk USS George Washington milik AS yang bertenaga nuklir. kapal induk ini berasal dari kelas nimitz ke enam dan ditugaskan pertama kai tahun 1992. kapal induk ini memiliki panjang mencapai 333 meter, lebar 78 meter, dan tinggi 74 meter. kapasitas kapal induk ini mampu menampung hingga 90 pesawat. sedangkan kecepatannya adalah mencapai lebih dari 30 knot.

3. Kapal Induk USS Harry S. Truman


Kapal Induk Terbesar di dunia

USS Harry S. Truman (CVN-75) adalah kapal induk kelas Nimitz kedelapan dari Angkatan Laut USA. kapal induk ini diluncurkan pertama kali tahun 1996 oleh Newport News Shipbuilding dan ditugaskan pada tahun 1998.

4. Kapal Induk USS John C. Stennis


Kapal Induk Terbesar didunia

USS John C. Stennis (CVN 74) adalah supercarrier bertenaga nuklir kelas Nimitz ketujuh di Angkatan Laut Amerika Serikat. kapal induk ini ditugaskan pertama kali pada tahun 1995. dilengkapi dengan dua reaktor nuklir yang memua kapal ini memiliki kecepaan lebih dari 30 knot.

5. Kapal Induk USS George H.W. Bush 


Kapal Induk Terbesar di muka bumi

USS George H.W. Bush (CVN-77) adalah seri kesepuluh dari kapal induk kelas nimitz milik AL USA. konstruksi kapal ini dimulai tahun 2001 dan selesai pada tahun 2009 dengan biaya sebesar 6,2 miliar dollar.

Dan selesai sudah artikel tentang kapal induk terbesar di dunia saat ini. meski saat ini indonesia masih belum memiliki kapal induk, kita harus tetap bangga dan yakin bahwa angkatan laut indonesia mampu dan siap menjaga kedaulatan NKRI dari segala macam serangan musuh.

Belum ada Komentar untuk "Daftar 5 Kapal Induk Terbesar di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel