Kandungan dan Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagian besar orang beranggapan bahwa telur merupakan makanan yang menyumbangkan banyak kolesterol dan lemak. Namun, kolesterol yang terkandung pada telur adalah HDL atau kolesterol baik dan lemak pada telur merupakan lemak tak jenuh. Kemudian banyak juga orang yang kurang menyadari akan pentingnya putih telur. Kebanyakan dari mereka hanya mengambil kuning telurnya saja karena disamping enak, kuning telur juga lebih banyak mengandung vitamin. Namun dibalik putih telur yang rasanya memang tidak sebaik kuning telur, ternyata memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat putih telur bagi kesehatan.


Kandungan dan Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan Tubuh :

1. Putih telur merupakan makanan rendah kalori yang hanya mengandung sedikitnya 16 kalori.

2. Putih telur yang rendah lemak sangat baik bagi orang yang menjalani program diet dan lemak hanya terdapat pada kuning telurnya saja.

3. Kandungan mineral, seperti Magnesium, Kalsium, Kalium, Fosfor, Potasium, seng dan zat besi yang terdapat pada putih telur dapat menghasilkan asam amino untuk pembentukan otot. Selain itu, dapat memperkuat tulang dan gigi serta mencegah pengeroposan tulang karena kandungan kalsiumnya. Kandungan zat besi nya berfungsi sebagai penambah darah.

4. Asam folat dan selenium pada putih telur bermanfaat untuk kesehatan. Asam folatnya dapat membantu perkembangan otak janin, maka ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi putih telur dengan cara direbus. Sedangkan selenium yang ada pada putih telur berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan mata dan kulit.

5. Putih telur tidak mengandung kolesterol yang aman dikonsumsi bagi penderita kardiovaskular. Kolesterol hanya terkandung pada kuning telurnya saja. Jadi, putih telur dapat mencegah penyakit jantung dan diabetes.

6. Manfaat putih telur selanjutnya adalah meningkatkan perkembangan otak karena putih telur kaya akan protein. Menurut penelitian, putih telur mengandung sebanyak 4 gram protein dibanding kuning telurnya. Namun, protein tersebut akan hilang apabila putih telur diolah dengan cara digoreng. Sebenarnya, semua makanan yang digoreng tidak baik bagi kesehatan karena mengandung lemak jenuh.

7. Putih telur mengandung vitamin B, terutama vitamin B12 yang baik untuk ibu hamil, terutama bagi kesehatan janinnya.

8. Manfaat putuh telur lainnya adalah dapat memberikan energi pada tubuh karena tingginya kandungan protein pada putih telur, sehingga mudah diserap oleh tubuh.

9. Kadar Kalium pada putih telur dapat memperbaiki sistem-sistem saraf pada tubuh.

Manfaat putih telur juga baik untuk kesehatan tubuh yang lain, seperti wajah dan rambut. Wajah dan juga rambut membutuhkan banyak protein yang hanya didapatkan dari putih telur, khususnya rambut. Rambut membutuhkan protein untuk memperkuat akar rambut dan menjaga kesehatan rambut.

Belum ada Komentar untuk "Kandungan dan Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel