10 Cara Atasi Kelelahan Mata Akibat Cahaya Komputer

Kelelahan mata karena komputer bisa diatasi dengan sejumlah terapi. Pernah atau sering menghabiskan lebih dari dua jam berturut-turut memelototi layar komputer? Komputer memang bisa membuat kita lebih produktif, namun berita buruknya, terlalu banyak menghadapi layar komputer bisa menggiring ke masalah yang disebut Computer Vision Syndrome (CVS).

Ditandai dengan lelah, perasaan tegang di mata sehari kemudian, CVS diderita sekitar 64% hingga 90% pekerja kantor. Kondisi ini cenderung tidak menyebabkan kerusakan mata permanen, namun hal ini bisa berefek pada keyamanan pengguna komputer. Gejala paling sering terjadi pada CVS adalah ketegangan mata, mata merah, iritasi atau mata kering, perasaan terbakar di mata, pandangan kabur atau ganda setelah penggunaan komputer, sakit kepala dan sakit di leher dan bahu.

Beberapa faktor yang bisa menambah kemungkinan CVS, termasuk masalah pandangan yang tak terkoreksi, mata kering, mata silau pada layar, cahaya yang redup, postur tubuh yang tak bagus, dan bahkan arah monitor. Faktor besar lainnya adalah pemberian resep yang salah: hampir 71% orang melaporkan gejala CVS menggunakan kacamata atau lensa kontak.

Jika layar komputer terbukti menyebabkan sakit di mata Anda, berikut sejumlah panduan untuk membantu mengurangi gejala:

10 Cara Atasi Kelelahan Mata Akibat Komputer :

1. Lakukan pengecekan mata secara reguler

Jika Anda perlu resep baru atau perubahan, namun tidak memilikinya, menggunakan komputer akan selamanya mengganggu.

2. Reposisi komputer

Layar harusnya berjarak sepanjang lengan dan posisinya langsung di depan wajah Anda, tidak di salah satu sisi. Posisikan monitor supaya bagian tengahnya berada dalam jarak 4-8 inchi di bawah mata Anda, yang bisa memposisikan leher Anda rileks saat Anda membaca dan mengetik.

3. Ikuti panduan untuk postur yang baik

Posisi tubuh yang baik akan sangat berpengaruh terhadap diri Anda. Hal ini akan mengurangi tegangan di punggung, leher, dan bahu.

4. Pastikan pencahayaan yang layak

Coba tes pelindung untuk menentukan apakah pencahayaan yang ada menjadi masalah. Caranya, lihat di monitor dan tangkupkan telapak tangan Anda di atas mata seperti ujung topi bisbol. Jika mata Anda dengan cepat merasa lebih baik, maka pencahayaan harus diubah. Lakukan eksperimen dengan cahaya yang terang dan redup, dan juga sudut cahaya, untuk menemukan apa yang paling nyaman untuk mata Anda.

5. Kurangi silau

Pasanglah filter anti-silau di monitor, sesuaikan penutup jendela dan ubah kontras layar dan tingkat terangnya untuk membantu mengurangi silau dan pantulan.

6. Sering mengedip

Cara ini mencegah mata kering. Jika tidak bekerja dengan baik, pertimbangkan untuk menggunakan tetes mata. Pastikan juga udara dari penyejuk udara tidak meniup tepat di wajah Anda karena bisa mengeringkan amta, dan gunakan pelembap ruangan jika ruangan terlalu kering.

7. Istirahatlah secara rutin

Berdiri, regangkan badan atau sekadar memandang di kejauhan dari layar komputer, setiap 15 menit sehingga memberi kesempatan mata Anda untuk istirahat.

8. Bersihkan monitor secara reguler

Layar komputer yang peuh debu sangat berpengaruh terhadap mata. Debu bisa mengurangi ketajaman layar, membuat mata bekerja lebih keras. Untuk itulah bersihkan layar komputer Anda secara berkala.

9. Coba gunakan kacamata komputer

Tidak seperti kacamata harian, pelindung monitor ini didesain secara khusus untuk melihat komputer.

10. Pertimbangkan terapi optometric vision

Beberapa pengguna komputer memiliki masalah dengan fokus mata mereka atau koordinasi yang tidak terkoreksi oleh kacamata atau lensa kontak. Terapi pandangan ini berisi aktivitas yang dianjurkan dokter yang dirancang untuk meningkatkan fungsi melihat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Atasi Kelelahan Mata Akibat Cahaya Komputer"

Posting Komentar