Daftar 6 Palung Terdalam di Dunia

Palung Terdalam di Dunia - sebelum kita mask ke pembahasan mengenai palung paling dala di muka bumi, ada baiknya kita mengetahui definisi dan pengertian dari palung itu sendiri. menurut wikipedia Palung adalah jurang yang berada di dasar laut. Palung merupakan depresi topografi sempit yang merupakan bagian terdalam dari lantai samudera. Palung samudra memiliki ciri khas yang berbeda dengan batas konvergen.

Jadi secara garis besarnya palung adalah lubang atau jurang yang ada didalam atau lebih tepatnya didasar laut yang menjorok kebawah. karena memang pada dasarnya dasar lautan tidaklah rata dan berbeda beda kedalamannya. bahkan ada yang sangat dalam dan semuanya telah tercatat dan telah diteliti oleh para pihak yang berkepentingan. bahkan banyak informasi mengatakan didalam palung/paluh tersebut terdapat makhluk hidup dan biota unik yang jarang diketahui oleh manusia pada umumya.

So, dari banyak palung yang ada di seluruh dunia. mana sajakah palung dengan kedalaman paling dalam? berikut ini urutannya lengkap beserta penjelasan singkatnya . . .

palung terdalam di dunia

Palung Terdalam di Dunia


1. Palung Mariana

Kedalam Palung Mariana : 10,9 Km

Palung mariana merupakan palung terdalam di dunia saat ini. bahkan palung mariana dikenal sebagai tempat atau titik paling dalam di muka bumi saat ini. lokasi palung mariana terletak di samudra pasifik dengan kedalaman mencapai 10,9 kilometer .

2. Palung Tonga

Kedalaman Palung Tonga : 10,8 Km

Palung tonga memiliki kedalam 10,8 kilometer dibawah permukaan laut. letaknya sendiri berada di wilayah samudra pasific. palung tonga tercatat sebagai yang terdalam setelah palung mariana.

3. Palung Kuril - Kamchatka

Kedalaman Palung Kuril - Kamchatka : 10,5 Km

Selanjutnya ada palung kuril - kamchatka yang memiliki kedalaman hingga 10,5 kilometer dibawah permukaan laut. lokasinya berada didekat Kuril Island dan lepas pantai Kamchatka.

4. Palung Philippine

Kedalaman Palung Philippine : 10,5 Km

Palung philippine pada kedalaman 10,5 km, palung ini berada pada urutan ke empat terdalam dari laut di dunia dan Samudera Pasifik.

5. Palung Kermadec

Kedalaman Palung Kermadec : 10 Km

Palung laut kermadec memiliki kedalaman 10 km dibawah permukaan laut. letaknya lagi lagi berada pada wilayah samudra pasifik.

6. Palung Puerto Rico

Kedalaman Palung Puerto Rico : 8,8 Km

Palung puerto rico menempati daftar terakhir list kali ini dan berada di samudra atlantik. berada di posisi ke enam, palung ini memiliki kedalaman 8,8 km dan panjang lebih dari 800 kilometer.

Terima kasih telah menyimak artikel 6 palung terdalam di dunia. semoga bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Daftar 6 Palung Terdalam di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel