Daftar 7 Masjid Tertua di Indonesia

Masjid Tertua - Masjid merupakan tempat beribadah umat muslim sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. di indonesia sendiri yang mayoritas penduduknya beragama islam, terdapat begitu banyak bangunan masjid dan surau yang berdiri hampir di setiap wilayah. bahkan hampir setiap desa terdapat lebih dari satu masjid, ini membuktikan bahwa indonesia merupakan negara dengan kehidupan yang dipengaruhi oleh nilai nilai agama islam.

Dari banyak bangunan masjid yang ada di indonesia. masjid dengan bangunan mewah dan megah sangat mudah kita temui di masa kini. namun bagaimana dengan masjid bersejarah yang dibangun ratusan tahun silam. terdapat banyak sekali masjid yang memiliki nilai sejarah tinggi dan merupakan masjid pertama yang dibangun di bumi indonesia. masjid tersebutlah yang menjadi pusat penyebaran agama islam pada masa masuknya islam pertama kali ke indonesia yang dipelopori oleh wali songo.

Meski sudah berusia ratusan tahun atau berabad abad lamanya, namun bangunan masjid tersebut masih berdiri hingga dengan kokoh hingga kini dan semuanya terawat dengan baik. so manakah masjid tertua di indonesia, simak listnya dibawah ini . . .

Daftar 7 Masjid Tertua di Indonesia :

1. Masjid Saka Tunggal (1288)


Masjid Tertua di Indonesia

Masjid saka tunggal baitussalam terletak di daerah cikakak kecamatan wangon. masjid ini berdiri pada tahun 1288, umurnya bahkan ebih tua dari kerajaan majapahit. ini dikarenakan masjid ini berdiri pada masa kerajaan singasari. masjid ini dibangun hanya menggunakan 1 tiang saja, yang menjadi asal muasal masjid ini diberi nama saka tunggal. maknanya adalah hanya terdapat satu tuhan yaitu ALLAH SWT. tunggal dalam bahasa jawa berarti satu. masjid saka tunggal sendiri dibangun oleh kyai Mustolih untuk menyebarkan dan berdakwah syiar islam.

2. Masjid Wapauwe (1414)


Masjid Tertua di Indonesia


Masjid wapauwe terletak di maluku dan telah berumur 7 abad. praktis masjid ini menjadi salah satu yang tertua di indonesia. bangunan masjid ini sangat unik karena dibangun menggunakan pelepah sagu dan masih berdiri hingga kini. terdapat Al Qur'an tulisan tangan yang berumur sangat tua sebagai peninggalan masjid ini. masjid ini sampai sekarang masih berfungsi sebagai rumah ibadah penduduk sekitar.

3. Masjid Ampel (1421)


Masjid Tertua di Indonesia


Selanjutnya ada masjid ampel yang terletak di kota surabaya. masjid ini sangat terkenal di seluruh nusantara dan menjadi salah satu objek wisata religi dan warisan budaya tanah air. masjid ini didirikan oleh salah satu walisongo yang merupakan penyebar ajaran islam di nusantara yaitu sunan ampel. terdapat makam sunan ampel disekitar komplek masjid. hampir setiap hari masjid ampel selalu ramai dan tidak pernah sepi dari pengunjung yang akan beribadah maupun berziarah ke makam sunan ampel. bahkan para peziarah yang datang berasal dari berbagai kota di indonesia. masjid ini memiliki luas yang cukup besar dengan arsitektur bangunan yang sangat unik dan khas.

4. Masjid Agung Demak (1474)


Masjid Tertua di Indonesia


Masjid demak terletak di daerah demak jawa tengah dan merupakan salah satu masjid tertua di tanah air. masjid ini didirikan oleh raden patah yang merupakan raja pertama kesultanan demak. terdapat makam raja raja dan para pengikutnya di sekitar komplek masjid. terdapat pula musium yang berisi sejarah tentang berdirinya masjid demak ini. masjid ini dipercaya sebagai salah satu tempat berkumpulnya wali songo dalam menyebarkan dakwah islam di indonesia.

5. Masjid sultan suriansyah (1526)


Masjid Tertua di Indonesia


Masjid ini cukup bersejarah dan merupakan yang tertua di kalimantan selatan. masjid ini didirikan oleh raja banjar pertama yang telah masuk islam. terdapat komplek makam sultan suriansyah sekitar 200m dari masjid. meski bangunan masjid beberapa kali mengalami renovasi, namun bentuk asli bangunan masih terjaga hingga kini.

6. Masjid Menara Kudus (1549)


Masjid Tertua di Indonesia


Masjid menara kudus didirikan oleh sunan kudus yang merupakan bagian dari wali songo. sunan kudus membangun masjid in sekligus sebagai bagian dari dakwahnya menyebarkan agama islam ditanah air. bentuk bangunan masjid memadukan arsitektur islam dan hindu. cara ini ditempuh agar masyarakat yang pada waktu itu pemeluk agama hindu lebih mudah menerima islam sebagai agama barunya. batu pertama yang diletakkan saat proses pembangunan berasal langsung dari baitul maqdis, palestina.

7. Masjid Agung Banten (1552)


Masjid Tertua di Indonesia

Masjid agung banten adalah masjid tertua di indonesia yang memiliki nilai sejarah tinggi. masjid ini selalu ramai pengunjung yang akan berziarah maupun beribadah. masjid ini didirikan oleh anak sunan gunung jati, sultan maulana hasanudin. sultan pertama kesultanan demak. bangunannya memiliki bentuk dan arsitektur yang unik dan bersejarah terutama pada bagian menaranya yang berbetuk pagoda dan terdapat anak tangga menuju bagian paling atas menara.

Nah, itu tadi sekilas informasi update mengenai daftar 7 masjid tertua dan paling bersejarah di indonesia yang bisa kami bagikan. semua masjid masjid diatas merupakan tempat ibadah sekaligus warisan budaya yang dimiliki indonesia sebagai pengingat asal muasal masuknya islam di tanah air. so sekian dulu semoga bisa menambah wawasan anda semua. gratis info news

Belum ada Komentar untuk "Daftar 7 Masjid Tertua di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel