Daftar 7 Partai Politik Terbesar dan Terkuat di Indonesia

Gratis Info News - Sejak runtuhnya rezim orde baru tahun 1998, maka tonggak berdirinya demokrasi langsung ditandai dengan munculnya puluhan bahkan ratusan partai politik. partai politik tersebut diusung dan diketuai oleh tokoh tokoh nasional yang sebelumnya susah untuk menyampaikan aspirasinya di era soeharto. masing masing parpol pun memiliki visi dan misi berbeda serta saling bersaing menggaet masa. semakin besar basis masanya maka kursi kekuasaan pun akan didapat.

Dari taun ke tahun sejak awal mula era reformasi, jumlah parpol sebenarnya mulai mengerucut menjadi hanya beberapa saja. jika tahun 1998 diikuti oleh banyak partai politik, semakin kesini maka hanya puluhan bahkan belasan parpol saja yang tetap konsisten dan berdiri. beberapa nama nama partaai yang berumur cukup tua tentu saja golkar dan pdip. keduanya sudah ada sejak era orde baru, sedangkan sisanya baru muncul sejak runtuhny rezim orde baru. tak heran jika keduanya memiliki basis masa paling besar saat ini. ini terbukti dengan melihat perolehan suara kedua partai tersebut pada pemilu tahun 2014 lalu.

Nah, kira kira parpol manakah yang paling tangguh saat ini. berikut dibawah ini kami sajikan daftar 7 besar partai politik terbesar dan terkuat di indonesia update terbaru. penilaian didasarkan dari hasil perolehan suara masing masing parpol pada pemilu terakhir tahun 2014 serta jumlah kursi yang didapat di DPR. ini jelas membuktikan bahwa mereka memang sangat solid dan memiliki jumlah pengikut/masa yang besar. so langsung saja berikut daftar lengkapnya . . .

partai politik terbesar dan terkuat

Daftar 7 Partai Politik Terbesar dan Terkuat di Indonesia :

1. PDIP


PDIP atau partai demokrasi indonesia perjuangan adalah partai yang sudah cukup lama berdiri bahkan sejak era orde baru yang saat itu masih bernama PDI, namun pada waktu itu PDI selalu kalah bersaig dengan golkar dibawah kepemimpinan soeharto. kini setelah merubah namanya, PDIP menjadi partai besar dan bahkan memnangkan pemilu tahun 2014. in karena basis masanya yang terkenal solid.

2. Partai Golkar


Partai golkar atau golongan karya sudah jelas merupakan salah satu partai yang kuat dan disegani, umur partai ini sangat lama karena dibentuk pada tahun 1964 dan sudah malan melintang di dunia politik indonesia mulai sejak zaman orde baru. selama dipimpin oleh soeharto, golkar selalu memenangkan pemilu pada masa itu dan menjadikan rezim soeharto berkuasa selama 30 tahunan. kini golkar diketuai oleh abu rizal bakrie sebagai ketua umumnya. basis masanya sangat besar dan tersebar di seluruh wilayah si indonesia.

3. Partai Gerindra


Partai gerindra atau gerakan idonesia raya adalah patai pimpinan prabowo subianto, seorang yang dikenal memiliki jiwa nasionalis yang tinggi. partai ini baru berdiri pada tahun 2008 silam dn kini menjadi salah satu yang disegani berkat figur pemimpinnya. pada pemilu 2014 kemarin gerindra sukses besar dan mengusung prabowo subianto sebagai calon presiden bersaing dengan joko widodo dari PDIP yang akhirnya keluar sebagai pemenang.

4. Partai Demokrat


Partai demokrat didirikan pada tahun 2001 dan disahkan tahun 2003. demokrat adalah salah satu partai yang dikenal dalam waktu singkat sejak berdirinya pertama kali. ini dikarenakan figur SBY sebaga ketua umumnya yang memiliki sifat kepemimpinan. tak heran jika pada dua pemilu terakhir demokrat selalu memenangkan pemilu secara mutlak atar parpol lainnya.

5. PKB


PKB atau partai kebangkitan banga adalah partai yang memiliki ideologi konservatif yang kini diketuai oleh muhaimin iskandar. partai ini didirikan tahun 1998 oleh beberapa petinggi NU saat itu salah satunya abdurrahman wahid/gus dur yang menjabat sebagai ketua serta mampu menjadi presiden pada tahun 1999 hingga 2001.

6. PAN


PAN atau partai amanat nasional adalah partai berlandaskan islam yang berdiri tahun 1998. PAN kini diketuai oleh zulkifli hasan yang juga menjabat sebagai ketua MPR.. sebelumnya nama nama seperti amien rais dan hatta rajasa menduduki posisi puncak di partai ini. PAN sendiri menjadi partai yang selalu konsistem untuk masuk dalam koalisi pemerintahan.

7. PKS


PKS atau partai keadilan sejahtera yang kini diketuai oleh mohamad sohibul iman. PKS sebelumnya bernama PK dan dibentuk pertama kali saat runtuhnya orde baru. namun setelah itu mereka bergani nama menjadi PKS pada tahun 2003. partai ini berbasis islam dan kini tergabung di koalisi merah putih sebagai oposisi.

Semoga sedikit menambah wawasan kita semua, ke 7 parpol diatas adalah yang terkuat saat ini. di beberapa pemilu terakhir ke 7 nama nama partai tersebutlah yang selalu mendominasi suara dalam pemilihan umum.

Belum ada Komentar untuk "Daftar 7 Partai Politik Terbesar dan Terkuat di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel