Daftar 10 Laut Terdalam di Dunia

Laut Terdalam di Dunia - Laut adalah kumpulan air asin yang sangat banyak dan luas di permukaan bumi yang memisahkan atau menghubungkan suatu benua dengan benua lainnya dan suatu pulau dengan pulau lainnya. laut yang sangat luas disebut lautan atau samudra. sedangkan bagian yang lebih kecil dari samudra adalah laut, selat, dan teluk.

Bumi kita sendiri sebagian besarnya terdiri dari hamparan laut dan samudra/lautan yang membentang dan menghubungkan antar benua. semua laut tersebut memiliki karakteristik, luas wilayah dan kedalaman yang berbeda beda pula. khusus pada artikel kali ini kita akan menyoroti tentang kedalaman sebuah laut. kira kira manakah laut atau samudra dengan dasar laut paling dalam di muka bumi saat ini dan dimanakah lokasinya.

So, langsung saja untuk lebih jelasnya. berikut ini daftar 10 besar laut terdalam di dunia update terbaru lengkap beserta foto/gambar dan penjelasan singkatnya. didalam beberapa list kali ini ada yang berupa samudra, laut serta teluk. intinya semua daftar dibawah ini adalah perairan dengan dasar paling dalam . . .

Daftar Laut Terdalam di Dunia

1. Samudra Pasifik


laut terdalam di dunia

Samudera Pasifik menempati peringkat nomor satu sebagai lautan terdalam di dunia. Samudra Pasifik memiliki kedalaman rata-rata 3.939 meter dengan luas sekitar 169.200.000 kilometer persegi. Palung Mariana adalah area terdalam dari Samudera Pasifik yaitu sekitar 10.911 meter yang terletak di Laut Biru. Samudera Pasifik juga lautan yang memiliki gunung laut paling banyak.

2. Samudera Hindia


laut terdalam di dunia

Samudera Hindia adalah laut terdalam kedua di dunia dengan kedalaman rata-rata 3.840 meter dan volume air sebesar 292.131.000 kilometer kubik. meskipun Samudera Hindia menjadi lautan terdalam kedua, ternayata Samudera Hindia adalah laut termuda yang terbentuk di antara semua lautan besar lainnya di dunia. lautan ini sangat berlimpah dengan berbagai spesies laut dan terkenal dengan nuansa yang indah dan berbeda terutama ketika dilihat dengan pandangan udara.

3. Samudera Atlantik


laut terdalam di dunia

Selanjutnya ada Samudera Atlantik yang meraih posisi ketiga dalam daftar lautan terdalam, kedalaman rata ratanya adalah 3,575 meter. Samudera Atlantik memiliki luas 106.400.000 kilometer persegi. Titik terdalam di Samudra Atlantik adalah 'Palung Puerto Rico', yang memiliki kedalaman 8605 meter. Samudra Atlantik adalah samudra termuda berikutnya setelah Samudra Hindia dibandingkan dengan lautan utama lain dari planet ini.

4. Laut Karibia


laut terdalam di dunia

Laut Karibia memiliki kedalaman rata-rata 2.575 meter dan merupakan laut di wilayah Samudra Atlantik. Laut Karibia ini juga salah satu laut air asin terbesar di dunia yang membentang di area pemetaan 2.754.000 kilometer persegi. Titik terdalam di Laut Karibia adalah Cavman Trough yang memiliki kedalaman 7.686 meter. ada pula palung Puerto Rico yang terletak di Laut Karibia dan sudah sangat terkenal. palung ini adalah rumah beberapa spesies kehidupan laut yang paling eksotis dan langka di dunia.

5. Laut Jepang


laut terdalam di dunia

Laut Jepang memiliki kedalaman rata-rata 1.666 meter dan sangat mirip dengan Laut Mediterania. Laut Jepang terhubung ke laut lainnya oleh Selat Tartar, Selat Tsugaru, Kanmon Straits, selat La Perouse dan Selat Korea. laut ini sangat tenang dan tidak mengalami banyak perbedaan di medan bawah air dan karenanya kedalaman laut ini sangat konstan. lautnya yang berwarna biru terlihat sangat menyenangkan ketika Anda melihatnya dari udara atau bahkan sambil berdiri di pantai.

6. Teluk Meksiko


laut terdalam di dunia

Teluk Meksiko memiliki kedalaman sekitar 1.614 meter dan juga badan air terbesar kesembilan di dunia. Titik terdalam di Teluk Meksiko adalah 4.384 meter. Ketujuh daerah yang menonjol dalam di Teluk Meksiko Basin, South Florida Continental Shelf dan Slope, Timur Laut Teluk Meksiko, Western Gulf of Mexico, Campeche Bank, Northwest Teluk Meksiko dan Teluk Campeche.

7. Laut Mediterania


laut terdalam di dunia

Laut Mediterania memiliki kedalaman rata-rata sekitar 1.501 meter dan titik terdalamnya memiliki kedalaman 5.627 meter. Laut Mediterania Mudah dikenali berkat warna perairan biru gelap. Laut Mediterania adalah rumah bagi banyak ikan eksotis dan karang. laut ini lokasinya ada di antara dua benua besar Afrika dan Eropa. Pantai dari laut ini sangat terkenal di kalangan wisatawan di seluruh dunia.

8. Laut Bering


laut terdalam di dunia

Laut Bering ada diposisi ke delapan sebagai laut paing dalam di dunia saat ini. Laut Bering memiliki kedalaman rata-rata 1.491 meter. laut ini adalah rumah bagi beberapa satwa liar dan spesies paling eksotis seperti Singa laut dan juga beruang kutub.

9. Laut China Selatan


laut terdalam di dunia

Laut Cina Selatan memiliki kedalaman rata-rata 1,463 meter dan laut ini merupakan bagian dari Samudra Pasifik, dengan luas yang mencakup lebih dari 3.500.000 kilometer persegi. Ada lebih dari 200 pulau dan terumbu karang di laut ini dan mereka dikenal sebagai Kepulauan Spratly yang luasnya sekitar 00 kilometer. Pulau terbesar dari kelompok ini mencakup jarak lebih dari 1,3 km panjangnya. laut ini juga rumah Reed Tablemount, yang merupakan gunung bawah laut terbesar di dunia.

10. Laut Hitam


laut terdalam di dunia

Laut Hitam ada pada nomer 10 dengan kedalaman rata rata 1.190 meter. laut ini meliputi area seluas 436.400 kilometer persegi. Laut Hitam juga memiliki cekungan meromctic terbesar di dunia. basin khusus ini adalah di mana perairan dalam dan atas air tidak bercampur, yang membentuk warna yang gelap dan dalam sehingga sesuai dengan namanya laut hitam.

Dan selesai sudah informasi mengenai daftar 10 laut terdalam di dunia kali ini. semoga bisa bermanfaat dan memperluas wawasan serta keilmuan kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Daftar 10 Laut Terdalam di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel